Jumat, 09 Oktober 2020

Melatih Mandi Sendiri

 Bismillahirrahmanirrahim 


Memasuki hari ke sembilan di zona kedua, zona kemandirian. Masih berproses membiasakan si sulung untuk mandiri melakukan aktivitas mandi. Dengan strong why yang sama, mengoptimalkan potensinya, juga mengangkat jiwa kepemimpinannya. 


Gegara perilaku saya kemarin, akhirnya si sulung kembali meminta jadwal untuk mandi sendiri dan dimandikan oleh saya. Akhirnya saya harus sounding kenapa ia harus belajar mandi sendiri tanpa jadwal giliran. Karena setelah besar ia harus mandi sendiri, malu kalau dimandiin orang lain. Dan, kalau saya tiada, ia takkan bisa mandi sendiri. 



Strategi kemandirian:

1. Melakukan sounding dengan ngobrol santai saat aktivitas lain, "Nanti kaka mandi sendiri, ya"

2. Motivasi agar ia mandi sendiri, "Kaka kan sudah besar, bantu umi ya, jadi anak mandiri"

3. Kebaikan dari melakukan aktivitas mandiri : agar tangannya dapat pahala. 

4. Mengapresiasi setelah ia melakukan aktivitas mandiri dengan berterima kasih. 


Sukses apa aku hari ini:

1. Sulung mau memakai shampoo, sabun sendiri

2. Sulung mau menggosok giginya sendiri

3. Sulung mau membilas rambut dan badannya sendiri memakai air dari keran


Tantangan hari ini:

1. Sulung ingin ada jadwal mandi sendiri dan di mandikan. 


Ingin sukses apa aku esok hari:

Saya masih ingin melatih sulung mandi dari awal hingga akhir hanya sebentar saya temani. 


Perasaanku hari ini:

Bingung 


Respon ananda:

Bingung


#harike9

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar