Jumat, 02 Oktober 2020

Antara Go Back Couple dan Familiar Wife

 Assalamu'alaikum.. Annyeong chingudeul, walau diluar sana keadaan tak menentu, tetap tentukan sikap dan perasaanmu sendiri ya. Keep positive vibes only. Dari pada pusing dan runsing, yuk kita ngobrol santai disini. 


Well well well, drama korea dari jaman dulu (bukan jaman batu pastinya) sampai sekarang tak melulu baru. Ada jalan cerita yang mirip dan mudah ditebak, tapi ada juga yang absurd dan punya plot twist yang keren. 


Sebagai barisan mahmud, walau sudah beranak tiga sebenarnya. Saya suka dengan cerita tentang kehidupan rumah tangga, parenting, dan semisalnya. Faktanya dekat dengan kehidupan sehari-hari saya. Dan saya merasa bisa lebih optimal mengambil pelajaran dari jalan ceritanya.


Muncullah saat itu drama yang bertema mirip, "Go Back Couple" yang dimainkan oleh Jang Nara, "My Familiar Wife" yang dimainkan oleh Han Ji Min. Entah kenapa saya merasa drama yang tayang punya tema yang mirip, seperti Record of Youth dan Brahms yang sedang on going saat ini. 


Ketika ada dua drama dengan tema sama hadir. Mau tak mau, suka tak suka, hadir hukum prioritas, menonton yang mana. Atau paling tidak, yang mana akan ditonton terlebih dulu. 

(Asian wiki) 


Kala hadir drama korea Go Back Couple bahkan grup alumni organisasi islami di kampus pun ramai membahas ini. Sampai ada salah seorang senior yang mengaku membawa hp nya ke dapur demi bisa menonton sambil memasak. Saking Bagus dan di rekomendasikannya drama ini karena syarat pelajaran seputar kehidupan rumah tangga. Aduh, kade itu hp nyemplung ke panci, ya. 


Lain lagi, salah seorang adik tingkat yang justru kena skak mat suaminya kala minta ijin nonton drama ini. Dengan alasan Bagus karena banyak pelajaran berumah tangga, justru sang suami lebih menyarankan dirinya membaca kitab kehidupan rumah tangga Rasul saja. Hehe. Benerlah ini, kurang pas nih alasannya. 


Bagaimana dengan saya? Akhirnya saya mengikuti keduanya.


Dua drama ini berkisah tentang konflik yang terjadi dalam rumah tangga. Sang istri memendam rasa marah, kesal, kecewa. Suami pun demikian. Bahkan, di drama Go Back Couple ada adegan suami istri ini sama-sama sedang menangis sedih dengan jarak yang tak terlalu jauh, tapi mereka tak saling menyadari bahwa pasangan mereka pun sedang bersedih. Intinya, merasa tersiksa dan menderita sendiri, tak merasa dimengerti oleh pasangan. 


Begitu pun dengan drama My Familiar Wife, di drama ini Han Ji Min bahkan diceritakan mengidap eksplosif intermiten. Kalau marah sangat seram, destruktif. Ini terjadi karena Han Ji Min merasa lelah fisik, dan mental, apalagi ibunya sakit dan butuh biaya tapi ia tak menyampaikannya pada suaminya. Lelah bekerja seharian, ditambah mengurus anak yang sedang mejeuhna, ditambah lagi ada kewajiban mengurus ibunya. Saat seperti itu malah mendapati suaminya membeli game console terbaru yang harganya lumayan. Gimana ga emosi kan ya. 

(Asian wiki) 


Dan dalam dua drama ini, pemain utamanya merasa menyesal dan ingin kembali memutar waktu, berandai-andai tak menikah dengan pasangannya sekarang. Dan boom, time loop. Mereka semua kembali ke masa lalu, jauh dari waktu pernikahan. 


Tentu ada bedanya, kalau sama ya ngapain judul dan pemerannya sama kan ya. Bedanya, dalam drama Go Back Couple kedua belah pihak, baik suami atau pun istri, sadar bahwa mereka kembali ke masa lalu. Sehingga mereka menghidari pertemuan-pertemuan yang pernah terjadi sebelum mereka menikah. Sedangkan dalam drama My Familiar Wife, hanya suaminya yang sadar bahwa ia melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lalu. Ia pun menghindari kejadian yang membawanya bertemu dan berhubungan dengan istrinya, Han Ji Min. Disini, Jisung justru melakukan PDKT pada Cinta pertamanya di kampus yang juga menaksirnya, Kang Hana sampai akhirnya mereka menikah. 


Dalam perjalanannya, akhirnya mereka sadari bahwa yang sakit, menderita bukan hanya mereka sendiri. Pasangan mereka pun merasakan hal yang mereka rasa. Sehingga endingnya tetap kembali pada pasangan sebelum melakukan perjalanan waktu. Tentu dengan hasil pelajaran berharga untuk berkomunikasi dan saling mengerti juga terbuka satu sama lain. 


Jika harus memilih antara kedua drama ini untuk ditonton terlebih dulu, saya lebih memilih drama Go Back Couple. Kenapa? Karena kedua belah pihak akhirnya menyadari kesalahannya walau sempat senang bisa kembali ke masa lalu dan melakukan aktivitas yang mereka idamkan. Dan mereka sama-sama menangis merindukan buah hatinya. Hiks hiks. Rasa saling ini yang berharga buat saya. Walau dalam kehidupan nyata ada kalanya kita harus menginisiasi terlebih dulu, konsisten terlebih dulu untuk memulai kebaikan dalam rumah tangga. Baru kemudian, pasangan akan mengikuti. 


Ah, menonton drama ini membuat saya bersyukur menikahi pasangan saya saat ini. Walau tentu tak luput dari kekurangan, tapi saya pun penuh dengan kekurangan. 


Bagus deh dua drama ini sebagai bekal mengarungi kehidupan rumah tangga walau masuk drama fantasy karena ada time travel nya. Ada hal lain yang bisa diambil sebagai pelajaran. 


Mau tau pilihan teman-teman saya kala menjumpai drama bertema sama? Kuy ah disimak. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya. 


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar