Kamis, 01 Oktober 2020

Aku Bisa Mandi Sendiri

 

Bismillahirrahmanirrahim 


Saya pernah dengar kalau orangtua baiknya menyiapkan anak agar bisa hidup sendiri alias mandiri. Bisa memenuhi dan melaksanakan aktivitasnya sendiri. Tentu, tak bisa ujug-ujug bisa, tak bisa tiba-tiba mahir, gak bisa tiba-tiba jadi mandiri, harus ada langkah awal memulai semuanya, termasuk dalam melatih kemandirian. 


Kemarin saya sempat membicarakan perihal kemandirian ini pada sulung dan tengah. Maksud hati ingin me-list kegiatan apa saja yang bisa menjadi fokus dan dilatih. Didapatlah beberapa poin:

1. Mandi sendiri

2. Pakai baju

3. Makan

4. Bereskan mainan sendiri


Saya sudah sempat memulainya tapi masih on progres membiasakan sehingga tanpa diingatkan pun mereka akan dengan sendirinya berperilaku mandiri. 


Hari ini saya akan fokus melatih kemandirian si sulung dalam mandi sendiri. Kenapa? Karena ia sudah 5 tahun lebih dan masih suka iri melihat adik-adiknya dibantu. Saya ingin kaka bisa mandiri sesuai dengan usianya. Semoga saya bisa mengoptimalkan potensinya, momentumnya, skillnya agar tidak tersiakan. 


Strategi saya melatih kemandirian:

Saya akan melakukan sounding pada si sulung, baik dengan cerita atau ngobrol berkualitas. Saya juga akan menyuasanakan kemandirian ini pada adik-adiknya sehingga ia takkan iri. Saya pun akan lebih sering memutar lagu tentang kemandirian. 


Sukses apa aku hari ini:

Alhamdulillah, si sulung langsung masuk kamar mandi, buka baju sendiri dan memakai sabun sendiri. Walau masih saya bantu tuk membilas hingga bersih. Tak ada drama memaksanya tuk mandi sendiri. 



Tantangan hari ini:

Si sulung sempat tak mau sikat gigi sendiri. Ingin dibantu seperti adiknya yang bungsu. Tapi, saya minta padanya tuk mencoba dulu sendiri, baru setelahnya saya bantu sikatkan giginya. 


Ingin sukses apa esok hari:

Besok saya ingin si sulung mandi sendiri, saya hanya bantu sedikit saja. Menahan diri tuk membantunya. Lebih ke memotivasi saja. 


Perasaanku hari ini:

Sangat bahagia karena pagi ini anak-anak, khususnya sulung mandi tanpa drama. 


Respon ananda:

Bersemangat. 



#harike1

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar