Jumat, 02 Oktober 2020

Aku Bisa Mandi Sendiri

 Bismillahirrahmanirrahim 


Hari kedua tantangan zona kemandirian bersama sulung saya yang berumur 5 tahun. Pagi ini, tak segercep kemarin. Kegiatan pagi sempat terdistract oleh anak kedua saya karena ia menyalakan TV. Jadilah, agak-agak terhambat rutinitas paginya. 


Masih sama dengan target kemarin, saya akan fokus melatih kemandirian si sulung dalam mandi sendiri. Kenapa? Karena ia sudah 5 tahun lebih dan masih suka iri melihat adik-adiknya dibantu. Saya ingin kaka bisa mandiri sesuai dengan usianya. Semoga saya bisa mengoptimalkan potensinya, momentumnya, skillnya agar tidak tersiakan. 


Strategi kemandirian:

1. Melakukan sounding

2. Apresiasi pada setiap aktivitasnya yang mandiri

3. Motivasi agar ia mandiri

4. Kebaikan dari melakukan aktivitas mandiri : berpahala karena sudah membantu umi.


Sukses apa aku hari ini:

1. Sulung bisa mandi sendiri dengan arahan saya dalam menyabun

2. Sulung bisa dan mau menggosok giginya sendiri. 

3. Umi tetap tenang menemani sulung mandi sendiri. 



Tantangan hari ini:

1. Sulung sempat enggan mandi pagi karena ingin menonton. Tapi, akhirnya tergerak mandi karena melihat adik-adiknya mandi. 

2. Sulung sempat enggan mandi sendiri. Saya motivasi untuk memakai dan menggerakkan tangannya biar dapat pahala. 


Ingin sukses apa aku esok hari:

Selama ini sulung belum membasuh sendiri hasil mandinya. Esok mau saya coba untuk membiarkannya membasuh tubuhnya sendiri sampai bersih. 


Perasaanku hari ini:

Sangat bahagia. Karena sulung sudah bisa mandi sendiri, tinggal memotivasi dan membersamainya. 


Respon ananda:

Sempat tidak bersemangat kala mau mandi, tapi bersemangat kala mandi bahkan minta dikeramas. Padahal jadwal keramas hanya sore hari. 


#harike2

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar