Selasa, 15 September 2020

Semua Hebat Sudah Berjuang

 



Bismillahirrahmanirrahim 


Hari ini adik saya dan keluarganya menginap. Jadi, saya berencana membawa anak-anak ke taman yang lumayan jauh dari rumah. Hal ini dalam rangka menyalurkan energi luar biasa anak-anak. Harapannya, setelah pulang, anak-anak akan lelah, dan langsung beristirahat. 


Taman yang kami tuju ditempuh lebih dari 15 menit dengan berjalan kaki. Perjalanan terasa melelahkan, apalagi matahari sudah mulai meninggi. Hehe. Kami kesiangan tuk pergi. 


Temuan saya hari ini:

Sebelum berangkat, saya membriefing anak-anak agar kuat selama perjalanan. 

"Yang kuat, ya. Kan sudah makan. "

"Iya!" jawab anak-anak bersemangat. 


Kami pun memulai perjalanan, berjalan kaki ke taman. Tentu dengan protokol keamanan, menggunakan masker atau face shield. 


"Kakak mau pakai masker atau face shield?"

"Face shield aja, " kata kaka. 

"Ila mau pakai masker atau face shield? "

"Masker."


Saat setengah perjalanan, anak-anak sudah mulai terlihat lelah. 

"Kok belum sampai? "

"Sebentar lagi sampai. Ayok, semangat!  Berjuang! " kata saya. 


Saya mengajak mereka istirahat sebentar tuk minum. 

"Alhamdulillah, kakak, ila, albi, baim, hebat ya. Berjuang, jalan ke taman, " saya mencoba memotivasi. 


Dan, ya, setelah beristirahat minum sebentar, mereka lebih semangat berjalan. Sampai salah satunya terjatuh karena senang tamannya sudah terlihat. 


Pulangnya pun begitu, walau lelah, mereka tetap semangat berjalan. Alhamdulillah. 


Poin komunikasi:

1. Saya menggunakan intonasi suara dan mimik muka ramah. 

2. Saya fokus mengatakan apa yang saya inginkan. 

3. Saya memotivasi agar anak-anak tetap kuat berjalan. 

4. Saya mengapresiasi perjuangan mereka. 

5. Saya memberikan pilihan pada anak-anak bukan menyuruhnya. 


Tantangan:

Tetap tenang dan cool di tengah teriknya matahari, dan riuhnya suara anak-anak. 


Rencana besok:

Saya ingin lebih banyak mempraktikkan poin komunikasi pada anak-anak atau suami. 


Bintang saya hari ini:

⭐⭐⭐⭐⭐

Saya merasa sangat puas dengan komunikasi produktif saya hari ini. 


Semoga besok intonasi suara saya tetap terjaga dalam nada ramah seprti hari ini. Aamiin. 


#harike12

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar