Kamis, 10 September 2020

Aku Mau Sholat, Aku Mau Jadi Imam

 



Bismillahirrahmanirrahim 


Melanjutkan komunikasi produktif hari ke 6 kemarin, hari ini saya mencoba komunikasi produktif pada si sulung dalam waktu magrib. Kemarin kami membuat kesepakatan kalau magrib adalah saatnya sholat berjama'ah dan mengaji bersama. Kemarin, sulung masih menolak tuk sholat berjama'ah. 


Temuan hari ini:

Saya mengajak kaka sholat Magrib. "Kak, yuk sholat magrib"

"Kan tadi udah", katanya mengingat. 

"Itu sholat ashar, sekarang magrib yang tiga roka'at"

Dia masih terlihat enggan. 

"Ayo kak, sholat bareng sama umi, kakak jadi imamnya"


Imam disini tentu bukan Imam yang sebenarnya, melainkan posisinya saat sholat ada di depan saya. Tiba-tiba ia langsung semangat, segera mengambil sajadah dan menggelarnya di depan sajadah saya. Kami pun sholat. Saya belum mengajarkan rukun sholat, juga bacaannya. Saya masih mau menanamkan motivasi kenapa kita harus sholat. Menegakkan prinsip Cinta dan butuh baru membahas aturan. 


Setelah selesai sholat, saya pun meminta kaka tuk menghampiri saya. Dia tidur-tiduran tak jauh dari saya sambil mengikuti saya mengaji. "Kaka sini biar suara umi terdengar"


Kami pun mengaji bersama. 


Komunikasi produktif :

1. Saya memakai kalimat sederhana dan jelas. 

2. Saya menggunakan intonasi suara ramah

3. Saya mengatakan apa yang saya inginkan, bukan yang tidak saya inginkan. 

4. Saya memotivasi anak dengan menjadikannya imam, sehingga ia mau sholat. 


Tantangan:

1. Mencari solusi atas ketidakmauannya melakukan sesuatu. 

2. Tetap tenang pada kakak sementara adiknya sedang tantrum

3. Membiasakan mengatakan apa yang saya inginkan, bukan apa yang tidak saya inginkan. 


Rencana besok:

Mengaplikasikan lebih banyak poin komunikasi produktif. 


Bintang saya hari ini:

⭐⭐⭐⭐

Saya merasa puas atas komunikasi produktif saya dengan sulung saat magrib hari ini. 



#harike7

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar