Minggu, 13 September 2020

Yeay, Kakak Bisa!

 


Bismillahirrahmanirrahim 


Hidup ini ibarat perjalan bukan? Perjalanan menuju kembali kita pada pangkuan Ilahi. Di tengah perjalanan, kita diberi amanah agar tidak kesepian, agar bisa saling menguatkan. Baik amanah pasangan pun amanah anak. 


Dan inilah episode perjalanan saya dalam membersamai amanah Tuhan. Masih dalam misi menanamkan kebiasaan sholat dan mengaji pada anak-anak, khususnya si sulung. Tentu, terus saya tanamkan motivasi kecintaannya akan ibadah sholat dan mengaji. Agar kuat pondasi amalnya karena dibangun dengan Cinta. 


Temuan saya hari ini:

Waktu magrib menghampiri, saya meminta kakak untuk sholat. 

"Kak, yuk, sholat magrib"

"Aku mau sholat sama abi"

"Silakan"

Tapi, ia tak juga beranjak. Karena abinya masih menjaga si bungsu. 

Saya tawarkan sholat bersama saya dan ila saja. 

"Shalat sama umi aja, yuk. Kakak mau jadi Imam? Atau mau di belakang? "

"Yaudah. Aku sholat di luar aja", katanya sambil menggeret sejadah. 

"Nanti ga keliatan dong" kata saya. 

"Oia".

Akhirnya kami sholat bersama di kamar. 


Setelah sholat, saya meminta kakak tuk mengaji. Kami duduk berdekatan. Saya memintanya tuk mengaji bersama saya. 

"Bareng-bareng ngajinya ya kak"

Kami mengaji bersama dan sampai di satu surat hafalannya. Saya memintanya tuk mendengarkan saya dulu, lalu mengikuti saya. 

"Umi dulu baru kaka ikutin ya"


Setelah kemarin drama kesulitan melafalkan huruf dan masih lupa bagian selanjutnya. Hari ini alhamdulillah kakak bisa melafalkan huruf dan bisa meneruskan ngaji. Alhamdulillah. 

"Tuh kan, kakak bisa! " kata saya sambil mengelus kepalanya. 


Dia tersenyum dan kami melanjutkan hafalan surat berikutnya. Saat bertemu dengan kesulitan dalam pelafalan, saya menyemangatinya. 

"Susah"

"Kakak pasti bisa. Tadi juga bisa, kan"


Poin komunikasi produktif 

1. Saya menggunakan intonasi suara dan mimik muka ramah

2. Saya fokus mengatakan apa yang saya inginkan

3. Saya mengganti kata tidak bisa menjadi bisa

4. Saya menggunakan bahasa tubuh yang ramah dan dengan Cinta. 


Tantangan:

Saya harus tetap tenang dan bersabar memotivasinya tuk sholat dan mengaji. Juga dikala adik-adiknya sedang rewel. Sikap saya padanya harus tetap tenang. 


Rencana besok:

Mempraktikkan poin komunikasi produktif dengan fokus pada kakak dan teteh dalam kondisi bermain bersama. 


Bintang saya hari ini:

⭐⭐⭐⭐

Saya cukup puas dengan komunikasi produktif hari ini. 


Semoga bisa istiqomah dan lebih baik lagi. 


#harike10

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar