Jumat, 04 September 2020

Rebutan: Rutinitas Adik Kakak

 



Bismillahirrahmanirrahim 


"Kalau ga rebutan, ga rame", begitu kata orang melihat tingkah laku adik kakak. Selalu ada saja yang direbutkan. Bahkan walau sudah punya barang yang sama. 


Masih mengikuti tantangan komunikasi produktif dari Bunda sayang. Kali ini saya masih ingin berkomunikasi produktif bersama anak-anak. 


Temuan:

Teteh ngambek sama kakak. Ia masuk ke kamar dan tiduran di kasur. Kakak menyusul teteh masuk ke kamar dan menarik bantal guling yang ditiduri teteh. 

Tangis teteh pecah. 

"Ini bantal aku", kata kakak. 


Teteh ila menghampiri saya yang sedang mengASIhi ibrahim. Dia memeluk saya, saya balas dengan usapan dan tepukan. Saya diam, menunggu ia tenang, agar bisa diajak bicara. 


Tak berapa lama, teteh tenang. Lalu, sambil saya elus, saya bertanya, "Teteh kenapa? "

"Itu kakaknya tarik bantal", katanya dengan suara hampir menangis lagi. 

"Teteh sedih karena bantalnya ditarik kakak? ", tanya saya lagi. 

"Iya. Tadi ila lahi bobo terus ditarik bantalnya sama kakak. Ilanya jadi syedih", begitu jelasnya. 


"Ooh.. Ila jangan langsung merengek dan menangis. Coba bicara baik-baik sama kakak. Bilang, 'Kakak jangan tarik bantalnya! ', bisa? Kalau langsung merengek dan menangis, kakaknya ga ngerti ila mau apa"


"Iya", katanya. 


Lalu, ia pun pergi keluar kamar mencari kakaknya lagi. 😅


Komunikasi produktif:

1. Saat kakak dan ila rebutan, saya berusaha tetap tenang. 

2. Saya berbicara dengan kalimat pendek dan jelas. 

3. Saya memberikan solusi jika kejadian yang sama berulang lagi. 


Tantangan:

Tantangan bagi saya adalah tetap tenang walau kakak main rebut, dan teteh menangis tersedu. 

Memilih kalimat yang jelas dipahami anak 3 tahun. 

Memberikan solusi yang jelas untuk permasalahannya. 


Rencana besok

Mengaplikasikan poin komunikasi produktif lainnya. 


Bintangku hari ini:

⭐⭐⭐⭐

Saya merasa diri saya lebih baik dalam berkomunikasi produktif dibandingkan kemarin. Saya tidak terpancing untuk meninggikan intonasi suara. 


Semoga besok bisa lebih baik lagi. 


#harike2

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar