Selasa, 08 September 2020

Aku Maunya Main



 Bismillahirrahmanirrahim 


Setelah lima hari mencoba fokus komunikasi produktif pada anak kedua. Lima hari ke depan saya berencana fokus melakukan komunikasi produktif pada anak pertama. Walau tentu anak kedua dan ketiga pun tetap saya usahakan berkomunikasi produktif. 


Saya mau menata ulang jadwal harian bersama anak-anak, khususnya target tuk anak pertama karena umurnya sudah 5 tahun. Saya mulai kembali membiasakan magrib sholat berjama'ah dan mengaji setelahnya. 


Temuan saya:

Saat saya ajak sholat dan mengaji kakak malah asyik bermain mobilan. Saya tak memaksanya tuk sholat, akhirnya saya sholat bersama teh ila. Setelah sholat, saya minta kakak dan ila tuk bermain di dekat saya. Biar mereka tetap mendengar saya saat saya melafadzkan surat yang sedang dihafal. 


"Kaka, ila, sini mainnya deket umi ya. Sambil dengar uminya ngaji, ya. Boleh main tapi tidak bersuara, ya".

Kakak dan ila mengangguk setuju. 

Saya pun melantunkan ayat al qur'an. Setelah 5 kali saya ulang, saya minta kakak membacakan ulang setelah saya. 

"Kakak, sini, ngaji dulu sama umi sekali. Ulangi setelah umi, ya. "

Kakak pun mengulangi apa yang saya ucapkan. 


Dirasa kurang lama, abinya ingin kakak juga mengaji surat yang lain. Lantas abi mengambil bola yang diambil kakak. Terjadilah rebutan yang berujung kakak terjatuh dan menangis. Kakak pun menghampiri saya sambil menangis. 


"Mana yang sakit? "

"Ini", katanya sambil memegang kepala bagian belakang yang jatuh ke lantai. 

Saya elus, tiup dan do'akan. 

"Kenapa kakak menangis? Kakak kesal sama abi? Kakak mau main bola tapi sama abi diminta ngaji? "

"Iya. Abinya ambil bola aku. " 

"Harusnya abi ijin dulu ya? "

"Iya"

"Harusnya abi bicara dulu ya? "

"Iya, aku mau main bola"

"Maafin abi, ya. Abinya lupa ijin. Tapi, lain kali kita ngaji dulu ya sampai isya. Setelah isya' kakak boleh main lagi"

"Aku mau main aja"

"Kakak, ada waktunya main, ada waktunya bobo, ada waktunya ngaji. Kan kakak sudah main dari pagi, siang, sore. Sekarang kita ngaji dulu sebentar ya. Biar dapat pahala dari Allah".

"Iya, tapi sebentar aja ya. "

"Iya, sebentar dari Magrib sampai Isya"


Komunikasi produktif :

1. Saya menggunakan kalimat sederhana dan jelas. 

2. Saya tetap tenang walau drama berlangsung

3. Saya menggunakan intonasi tenang dan mimik muka yang ramah

4. Saya fokus pada apa yang harus dilakukan (Solusi) 

5. Saya memakai bahasa yang memotivasi


Tantangan:

1. Tetap tenang menghadapi rengekan anak 5 tahun yang saya sudah punya ekspektasi lebih darinya

2. Menyamakan 'suara' dan pemahaman dengan abinya anak-anak 


Rencana besok:

Mengaplikasikan poin komunikasi produktif yang lainnya pada si sulung


Bintang saya hari ini:

⭐⭐⭐⭐

Saya cukup puas terhadap komunikasi produktif saya dengan si sulung hari ini. 


#harike6

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar