Kamis, 10 September 2020

Mau Sholat sama Baim

 


Bismillahirrahmanirrahim 


Tantangan terus berlanjut, semoga istiqomah dan diberikan kekuatan tuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari. Kali ini hari ketiga saya fokus berkomunikasi produktif bersama si sulung. Momen yang saya ambil masih saat magrib. Karena saya bertujuan ingin menjadikan pola atau habit setiap magrib. 


Temuanku hari ini:

Saya mengajak kakak tuk sholat magrib bersama saya. Karena ia tak ikut sholat bersama abinya atau kakek dan neneknya. 

"Yuk, kak, ikut sholat sama umi"

"Aku maunya sholat sama abi", kata kakak. 

"Abi udah sholat. Aki nenek juga udah. Yuk, sholat sama umi. Kemarin kakak hebat jadi Imam umi. Sekarang kakak mau jadi imam umi lagi? " saya mencoba memotivasi. 

"Aku maunya sholat sama baim", katanya sambil melihat si bungsu. 

Saya tersenyum mencoba positif thingking. 

"Baim yuk sholat sama umi" kata saya mengajak si bungsu yang baru berusia 1 tahun. Alhamdulillahnya, dia memang senang mengikuti orang sholat. Jadi, saat dipanggil, Baim langsung menghampiri saya, berdiri di samping saya. 

Kaka tersenyum. Ia pun langsung bangkit dan berdiri di samping Baim. Sehingga saya mundur menghamparkan sejadah yang baru. 


Kami sholat bersama. Walau kakak belum sempurna sholatnya, tak apa. Alhamdulillah sudah mau belajar sholat magrib bersama. 

Setelah itu, saya mengajak kakak mengaji bersama. Masih dengan aturan yang sama, ia boleh mendengarkan sambil bermain asal tidak gaduh. Sehingga masih bisa menyimak saya. Di tengah kegiatan, saya meminta ia mendekat, saya pun memangkunya, memeluknya sambil mengaji. Setelah selesai giliran saya, saya meminta kakak tuk mengikuti ucapan saya. 


Alhamdulillah hari ini kakak mau sholat dan mengaji bersama. 


Komunikasi produktif :

1. Saya memakai kalimat yang sederhana dan jelas. 

2. Saya fokus mengatakan apa yang saya inginkan. 

3. Saya menjaga intonasi suara saya tetap ramah dan tenang. 

4. Saya memotivasi kakak saat ia kesulitan melafalkan ayat. 


Rencana besok:

Saya ingin mempraktikkan kembali poin komunikasi yang sudah dijalankan dan mencoba poin komunikasi lainnya pada kakak. 


Bintang saya hari ini:

⭐⭐⭐⭐

Saya puas terhadap komunikasi produktif saya dengan kakak saat magrib hari ini. 


Semoga besok bisa lebih baik lagi. 


#harike8

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar