Senin, 24 Agustus 2020

UAENA and Aunty



(Pinterest) 

 Assalamu'alaikum.. Annyeong chingudeul.. Menonton drakor tak afdhol jika tanpa suara, walau sekarang saya sering melakukannya. Tapi, ada kalanya saya menonton sambil mendengarnya. Tentu ada perbedaan yang cukup signifikan jika dengan mendengar suaranya. Kenapa? Karena ada backsound lagu yang mengiringi, ikut membangkitkan suasana yang ada. Kala sedih terdengar backsound yang mendayu membuat diri ikut terharu. Kala lucu terdengar backsound konyol yang membuat saya ikut tersenyum simpul atau bahkan tertawa. Dan tak lupa, ada soundtrack lagu yang menjadi ciri khas drama dan adegan-adegannya. 


Bagi saya, saya lebih duluan kenal lagu dan penyanyi korea dari soundtrack drama. Sampai akhirnya saya bertemu kpopers yang mengenalkan saya pada boy band dan girl band. Saya juga rajin mendengar siaran radio yang membahas dan memutar seputar lagu korea. Saya pun rajin menyimak tangga lagu di soompi. Saya dengar 10 tangga lagu teratas saat mengerjakan tugas waktu kuliah dulu. Sepuluh setiap bulan hingga saya pusing sendiri memilih playlist karena saking banyaknya lagu yang ternyata sudah saya download. 


Dan kini, saya tetapkan hati pada dua penyanyi. IU dan AKMU. 


1. IU


(Pinterest)


Dengan nama asli Lee Ji Eun, IU sempat ditolak oleh JYP entertainment. JYP pun menyatakan bahwa ia menyesal telah menolak IU saat audisi. 


Mulai debut saat ia berumur 15 tahun. Masih remaja ciiin. Tapi suaranya sudah khas dan membekas. Album perdananya Lost and Found tetap menjadi legenda walau kini IU sudah menelurkan banyak lagu. Termasuk artis multitalenta, tak hanya pandai menyanyi, beberapa lagunya pun dia tulis sendiri. Ia bahkan bisa memainkan alat musik, bisa jadi gitaris dong. 


Nama panggung IU ini bermakna I and U (saya dan kamu) yang digabung menjadi IU karena terhubung melalui musik. 


Akhir tahun kemarin, IU datang ke Jekardah. Sosoknya yang tak hanya cantik dan manis, ia pun ramah pada penggemarnya, membuat saya semakin nge-fans padanya. Paket komplit banget siiih. 


Oia, chingudeul, ternyata IU ini punya nama fandom bukan dari awal debutnya, tapi setelah 9 tahun berkarir di dunia entertainment. UAENA nama fandomnya, yang berarti U dari bahasa inggris yang artinya kamu AE dari Sino-Korea yang berarti Cinta, dan Na dari bahasa Korea yang artinya Aku. Jadi, singkatnya UAENA artinya kamu Cinta aku. Yes, your fans love you so much neng Ji Eun. 


Drama terakhir yang IU bintangi bersama Yoe Jin Goo pun tak luput dari suara emasnya tuk meramaikan soundtracknya, 'Happy Ending'. 


Kalau ditanya lagu IU yang saya sukai. Banyaak. Saya suka blueming, saya suka eight, saya suka friday yang ternyata model MV nya adalah Jang Ki Yong. Kenapa bisa suka? Suaranya khas. Khas IU. Hehe. Tak perlu alasan lah ya tuk suka. 


Tapi yang paling saya suka adalah lagu IU dan Sung Si Kyung yang judulnya It's You. Saya dengar lagu ini saat menjalani proses menuju pernikahan dengan seorang senior kampus yang akhirnya tak jadi. Justru jadinya dengan senior SMA. Bener-bener it's you, walau semasa SMA mah merasa ga kenal, lebih kenal dengan yang nyomblangin. Meski mungkin sebenarnya kami pernah papasan. Yaiyalah satu SMA. 



2. AKMU



(Pinterest) 

Dengan kepanjangan Akdong Musician, dua kakak beradik ini ada dalam naungan YG entertainment. Iyes, yang kemarin kena scandal itu tuuh.. Duuh gosiip. Tapi, akmu tetap Teguh stay di YG. 


Dengan fandom bernama aunt dan uncle. Saya sepertinya masuk dalam barisan aunt, yaeyalah kan cewek, masa uncle. 


Pertama kali jumpa AkMu karena saya mengikuti perkembangan chart lagu di soompi dan saat itu AkMu jadi salah satu pengisi chart lagunya. Dan hingga kini kalau mendengar duet Lee Chanhyuk dan Lee Suhyun tu feel ear blessed banget. Enak banget suaranya. 


Ditambah lagi kemampuan Suhyun yang no kaleng kaleng. Doi punya kemampuan bisa membuat lagu dari buku yang dia pegang, "Open book and lalala", katanya saat tampil bersama Chanhyuk di reality show Knowing Brother. Dan ya, terbukti, saat salah satu pengisi acara menyodorkan buku, Chanhyuk bisa segera menciptakan irama melalui gitarnya, Suhyun bisa menyanyikan lagu dari buku tentang serangga. Buku yang menceritakan tentang perjalanan hidup serangga, metamorfosisnya dikemas menjadi lagu yang enaaaak banget. Cari di youtube deh kalau ga percaya. Kalau ga ngerti artinya bakal menikmati banget lagunya. Tapi, kalau ngerti lagunya mungkin bakal lucu kali ya. Da lagunya nyeritain fase hidup serangga. Wkwkwk. 


Open book and lalala


Saya juga memfollow suhyun dalam reality show Begin Again. Apalagi kemarin kemarin SuHyun dan Henry menyanyikan salah satu lagu soundtrack drama kesukaan saya, Hospital Playlist, Aloha. 


AKMU pun punya cerita dalam proses saya bersama suami saat masih masa ta'aruf - khitbah. Masa saling mengenali calon pasangan, kami cerita tentang hobi dan kesukaan. Dan saat itu salah satu lagu yang saya berikan adalah lagu AKMU yang 200% LOVE. 


Walau kesukaan kami pada lagu akhirnya bertemu pada lagu Snow Flower yang dinyanyikan oleh Eric Martin (vocalist mr.Big), dan saya kenalnya ini lagu soundtrack dramanya So Ji Sub "I'm Sorry I Love You", dinyanyikan oleh Park Hyo Shin. Ternyata lagu ini awalnya dinyanyikan oleh Mika Nakashima. Dan di cover oleh beberapa negara, termasuk Inggris dan Korea. 


Kalau kamu suka musik, suka lagu berkualitas, tak pandang gerakan joget yang kadang aneh. Kamu boleh banget coba dengerin IU dan AkMu. Dijamin akan muncul benih benih rasa fans pada IU dan AkMu. Hehe. 


Yuk, kita simak ulasan teman-teman saya tentang lagu di Korea sana. 



2 komentar:

  1. Coba aku googling dulu AKMU.
    Kalau IU ada beberapa lagunya yang aku suka juga.

    BalasHapus
  2. Saya juga suka dua-duanya 😊. Menunggu comeback akmu setelah nanti selesai wamil 🥰

    BalasHapus