Minggu, 16 Agustus 2020

Ibu Tercinta dalam Drama Korea

 

(Sumber: IMDb) 

"Semua ibu adalah pendosa" Kang soon, ibu Nam Juri (Saikojiman Gwencana, scene di atap bersama Gang Tae dan Jo Jae soo) 

"Tak akan pernah habis keinginan kita jika kita mulai menjadi orang yang serakah." (Jeon Eun Sook, Hi Bye Mama)


Assalamu'alaikum.. Annyeong chingudeul.. Tak mau ketinggalan kereta setoran lagi ah. Yuk kita bahas tema selanjutnya dari tim kokoriyaan. 


Drama juga film Korea tak hanya fokus pada para pemain utama. Mereka juga butuh pemain pendukung. Yang membantu menyuasanakan keadaan. Walau tak selalu ada dalam setiap adegan atau episode, peran pemain pendukung tidak bisa disepelekan. Termasuk berperan sebagai ibu. 


Dua quotes di atas diucapkan oleh pemeran ibu, ibu nam juri di drama saikojiman gwencana, dan ibu cha yuri di drama hi bye mama. Ternyata, dua peran ibu ini dimainkan oleh satu orang yang sama. Kim Mi Kyung namanya. Sosok ibu sudah melekat padanya, dan biasanya ia dapat peran ibu yang baik hati, perhatian, sayang pada anaknya. Walau pernah juga jadi peran antagonis. 


Bu Kim Mi Kyung bahkan mendapat julukan The Empress, sang permaisuri. Puluhan drama sudah ia sambangi. Saat menonton drama on going saja, kita bisa bertemu bu Kim Mi Kyung dalam lebih dari satu judul drama. Seperti kemarin, ia ikut bermain dalam drama saikojiman gwencana, ia pun ikut bermain dalam drama was it love. Perannya? Sama, sama-sama menjadi ibu yang kata-katanya selalu membuat terharu. Aku padamu, bu. 


(Pinterest) 


Bu Kim Mi Kyung juga mencuri perhatian para drakorian dalam perannya menjadi ibu Cha Eun Sang di drama The Heirs. Disini, beliau berperan menjadi ibu yang tuna wicara. Walau berperan tanpa suara, tak merepet seperti biasanya, actingnya tetap bisa membawa suasana haru dan sendu, kocak juga ada. Keren banget sih, bu. 


Pantaslah kalau keren, Bu Kim Mi Kyung ini sudah aktif dalam dunia drama dan film sejak tahun 1985. Sudah banyak sekali pengalamannya. Apalagi beliau juga anggota teater, sudah terasah dan teruji actingnya. Mau jadi ibu yang cerewet merepet seperti di Go Back Couple, Saikojiman Gwencana, Was It Love, atau jadi ibu yang berekspresi tanpa suara seperti di The Heirs, atau bahkan jadi peran antagonis, beliau bisa. Ah, jangan lupakan perannya di drama Master Sun, walau berperan jadi salah satu orang yang tak suka dengan kedekatan para pemeran utama (So Ji Sub & Gong Hyo Jin), juga lumayan menyebalkan. Kim Mi Kyung tetap mempesona dengan actingnya. 




"Jika kau menderita sendirian, menjadi marah dan putus asa, monster bisa muncul dari cermin"- ibu Dong Baek


Lee Jung Eum namanya, biasanya ia berperan sebagai ibu, bisa juga sebagai ahjumma. Wajahnya familiar seperti Kim Mi Kyung. Tapi, sepertinya bu Lee Jung Eum lebih sering bermain dalam film. Salah satu film yang dibintanginya dan berkesan untuk saya, Parasite. Film yang sukses meraih berbagai penghargaan dalam juga luar negeri ini ikut menggaet Lee Jung Eum sebagai salah satu pemain pendukung. 


Di Parasite, bu Lee Jung Eum berperan sebagai asisten rumah tangga yang bertahun-tahun bekerja di rumah keluarga kaya. Berkat konspirasi Ki Taek dan keluarganya, alergi bu Lee Jung Eum kambuh dan akhirnya ia pun dipecat sebagai asisten rumah tangga. Ternyata, bu Lee Jung Eum atau di Parasite beliau berperan sebagai Moon Gwang, ia menyembunyikan sesosok manusia di ruangan bawah tanah. Selanjutnya, bisa tonton film parasite nya ya chingudeul, dark comedy berdarah-darah gtu. 


(Soompi) 


Tak hanya di film Parasite, bu Lee Jung Eum juga ikut bermain dalam drama Psycho yang tak berani saya tonton saking aura dark nya terlalu kuat. Strangers from Hell. Dalam drama ini, Lee Jung Eum berperan sebagai Eom Bok Soon, pemilik asrama Eden, yang isinya orang-orang Edan. Pemiliknya juga sama sih, phsycho. Keren nih ibu bisa memerankan orang psycho, bawa-bawa senjata kemana-mana. 


Bukan spesialis psycho, Lee Jung Eum berperan sebagai ibu yang menyebalkan. Ia dibenci oleh anaknya sendiri, Dong Baek, dalam drama When The Camellia's Bloom. Tapi, sebagaimana tak sempurnanya perilaku ibu pada anak, Jo Jung Sook (Lee Jung Eum) sayang pada anaknya. Ia mengekspresikan sayangnya dengan caranya. Terharu aku tu. 


Lee Jung Eum juga berperan menjadi Ibunya Han Ji Min (Woo Jin) dalam drama My Familiar Wife. Diceritakan menderita penyakit pada ingatan, Lee Jung Eum tetap ingat dan perhatian pada menantunya, Ji sung. Ini yang menbuat Ji sung menyesal, merasa tak peka karena tidak tahu akan penyakit yang di derita mertuanya sendiri. 


Terakhir, saya melihat Lee Jung Eum dalam drama a piece of your mind. Walau menjadi cameo, acting bu Lee Jung Eum membantu jalan cerita para pemain utama. 


Itu dua ahjumma favorit saya dalam drama. Ada juga satu lagi sosok ibu yang saya suka dalam drama. Ibunya dokter Ahn di Hospital Playlist, Jeng Ro Sa. Hoho. Salah ding, Jung Ro Sa alias Kim Hae Sook. Keibuan sekali, kan? Acting sayang dan khawatir akan anaknya terpancar darinya. 



Itu dulu ahjumma favorit saya, yuk kita baca ahjumma ahjussi favorit teman-teman drakorian saya. 













4 komentar:

  1. Lee jung eum, ternyata nama'y itu ya. Emang sering lihat juga d drakor. Saya suka juga beliau waktu main Room No.9, meranin 2 karakter yg beda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Wah wah, apakah itu room no. 9. Cus ke gugel dlu

      Hapus
  2. Sebenarnya kalau dideretin tuh daftar ahjumma banyak ya? Biasanya yang wajah dan bodynya keibuan dapat peran ibu yang baik, sementara ibu-ibu yang tetap berbadan langsing nan cantik dapat peran ibu kaya yang suka nyogok calon menantunya pake uang, lalu menyiram air ke muka calon mantunya. LOL

    BalasHapus