Sabtu, 15 Agustus 2020

Menemukan Core Value dan Karakter Moral di Wahana Wakeboarding

 

(Pinterest) 

Bismillahirrahmanirrahim 


Alhamdulillah kini masuk ke wahana ketiga di kelas pra bunda Sayang. Kali ini kami diperkenalkan dengan core value dan karakter moral Institut Ibu Profesional. 


Belajar - Berkembang - Berkarya - Berbagi - Berdampak


Saya tidak akan bisa berdampak, tak akan bisa berkarya, bahkan tak akan bisa berbagi tanpa ada yang saya pelajari. Tanpa ada yang saya kuasai. Dan penguasaan itu tentu perlu ilmu, dan ilmu itu harus dipelajari dan dilatih, tak cukup dibaca saja. 


Maka, rute saya dalam mengaplikasikan core value ini:

1. Persiapan (komitmen diri dan mengantongi ijin suami juga anak-anak )

2. Menyelami diri tentang kebutuhan akan ilmu

3. Belajar dengan serius terhadap ilmu yang dipilih

4. Berkembang berdasarkan ilmu yang sudah dipelajari

5. Berkarya, mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat

6. Berbagi tentang ilmu yang sudah dikuasai

7. Berdampak sesuai keilmuan yang dikuasai


Selain core value, perjalanan saya akan ditemani oleh karakter moral yang ada di IIP. 

Running the mission alive

Sharing is caring

Don't teach me, i love to learn

Always on time

I know, i can be better


Perjalanan saya menuju lebih baik harus saya jalani sepanjang hayat. Dalam perjalanan pun tak boleh lupa berbagi sebagai bentuk kepedulian. Dan ketika menemukan suatu yang bisa dipelajari coba untuk memperbesar curiosity, inisiatif sehingga muncul karakter tak selalu ingin diajari karena saya senang belajar. Sebagaimana fitrah yang tertanam pada anak-anak. 


Sebagai adab dalam belajar, tepat waktu tak boleh disepelekan. Terakhir, selalu percaya pada diri kalau kita, saya, semuanya akan bisa berubah menjadi lebih baik. PERCAYA! 


Dari sini saya mengklasifikasikan ilmu apa yang akan saya tingkatkan, latih dan bagikan. 

Tingkatkan:

1. Ilmu parenting

2. Manajemen emosi

3. Homeschooling 

4. Bebenah 


Dilatih:

1. Menulis

2. Aqidah untuk anak-anak & orangtua


Dibagi:

1. Desain sederhana dengan canva

2. Membuat tulisan artikel/opini/surat pembaca


Tentu dalam proses perjalanannya akan ada tantangan yang dihadapi. Tantangan yang terpikirkan akan saya hadapi diantaranya moody, teralihkan aktivitas lain, menunda pekerjaan. Untuk mengatasinya, saya harus menanamkan strong why dalam diri, menempelkan list to do harian di tempat yang terlihat agar tidak lupa, dan membuat prioritas. 


Sebagaimana orang bermain wake boarding, belajar apapun butuh keinginan yang kuat, tak mudah putus asa walau terjatuh berkali-kali. Terus mencoba dan mencoba. Mencoba mempertahankan keseimbangan. Mencoba mempertahankan mindset positif dalam diri. Percaya akan diri sendiri, bahwa AKU PASTI BISA! 


Sampai jumpa di wahana selanjutnya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar