Kamis, 30 Juli 2020

Remake Soundtrack Drakor yang Kece



(Asian wiki) 

Oh my life, is changing everyday
In every possible way


Assalamu'alaikum.. Annyeong chingudeul. Coba tebak, yang suka lagu jadul awal tahun 2000an tahukah itu lagu siapa? 

Yap, itu lagu cranberries yang judulnya Dreams. Kenapa tiba-tiba bahas lagu jadul? Karena soundtrack drama korea yang berjudul Was It Love. Saya menonton drama ini karena ada Ji Hyo noona. Saya termasuk fansnya di Running Man. Jalan ceritanya pun saya suka. Perempuan yang direbutkan. Wkwkwk. 

Nah, saat saya menonton drama ini, seperti drakor lainnya, pasti ada backsound atau soundtrack yang mengiringi. Salah satunya lagu dari cranberries ini. 

Awalnya, saya hanya ngeuh kalau ini lagu jadul. Karena memang alur ceritanya maju mundur. Saat mundur, mereka ada pada setting tahun awal 2000an, sang female lead senang dengan lagu rock barat ini. Dia bahkan berbagi earphone dengan Yeon Woo sambil mendengar lagu ini. 

Saya tertantang menemukan judul lagu ini. Awalnya saya hanya punya clue ini lagu jadul. Beberapa kali mendengar sambil menonton dramanya, lantas terpikir kalau ini seperti lagunya Cranberries. Sampai berdiskusi dengan suami yang sama-sama suka lagu jadul. Tapi, liriknya kok Korea ya? 

Karena penasaran, akhirnya buka youtube dan mengetik "soundtrack was it love". Saya lalu memilih Lee Ba Da - Dreams Ost part 1 Was It Love. Saat saya mendengarnya, saya masih beranggapan bahwa saya salah mengingat kalau ini lagu Cranberries. Saya baca juga arti dari lirik lagunya. Tapi, gaes, di bagian bawah video yang saya putar ada lagu Cranberries dengan judul 'Dreams' sama seperti judul lagu Lee Ba Da yang sedang saya putar. Langsunglah saya putar lagu Cranberriesnya. Dan 'Aha', tuh kaaan, bener kaan ini lagu Cranberries. Mendengar versi aslinya sangat nostalgia. Berasa kembali ke tahun 2000an. 

Tapi, saya sangat sangat mengapresiasi tim produksi drama korea, kali ini drama Was It Love, yang bahkan menyanyikan ulang lagu hits pada masanya dengan lirik korea. Jiwa halyu-isme, korea-ismenya keren. Salut. Dan walau dinyanyikan ulang dengan bahasa Korea, tetap ada bedanya, tak sama persis. Lirik lagunya pun mirip, tapi tetap menyisipkan perbedaan. Penyanyinya pun mengikuti gaya menyanyi vocalis Cranberries dengan gayanya sendiri. And i love it. 

Keren gaes, betapa menyanyikan ulang lagu pun tidak pek ketiplek sama persis. Mereka serius berpikir, walau dinyanyikan ulang dan ditranslasi dengan lagu nasional mereka, tapi taste asli Cranberriesnya tetap ada. Kasarnya mah nyontek pun berkelas gtu. 


Penasaran? Coba dengerin lagu Dreams versi Lee Ba Da ini. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar