Selasa, 28 Juli 2020

9 Second Lead yang Tak Kalah Menawan


(Sumber gambar: weheartit.com) 


Assalamu'alaikum... Anyeong chingudeul. Mari kita break sejenak dari aktivitas domestikan yang berputar pada bebersih, masak, nyuci, nyapu, ngepel, setrika, nyuapin, dan lainnya. Plus menemani Pembelajaran Jarak Jauh buat para ibuk hebat yang anaknya sudah sekolah. 

Mari kita ngobrol santai sejenak. Ya ngobrolnya ga akan jauh dari kokoriyaan. Kali ini sudah masuk topik 20. Horaay! Kali ini saya mau membahas tentang SLS. Apakah itu? Bukan SLS yang ada pada sabun ya chingudeul. Tapi, Second Lead Syndrome. Diakui atau tidak, seperti yang saya posting di tulisan sebelumnya. Adanya perebutan female lead atau male lead itu jadi jalan cerita klise yang tetap digemari. Kenapa? Karena ada sensasi berarti, berharga, sehingga diperebutkan atau diperjuangkan. Yang akhirnya akan menyisakan satu couple dan satu orang yang tak ada pasangan. 

Faktanya, tak semua netizen dan netizah setuju dengan pasangan hasil cagga-nim (penulis). Ada yang menyayangkannya, tak rela, bahkan ingin sang second lead diberikan kesempatan kedua tuk bermain bersama first lead sebagai couple. 

Buat saya pribadi, saya pun pernah lebih pro, standing with, the second lead. Diantaranya ada 9 orang second lead yang berkesan:

1. Jang Ki Young - Go Back Couple

Dramanya mbak Jang Nara yang kembali ke masa kuliah, sebelum ia menikah, membawanya pada Jang Ki Young. Seuniversitas dan tak sengaja Ki Young ini 'nembak' mbak Nara karena kesal dengan ayahnya. Sayang seribu sayang, Ki Young yang idola kampus ditolak karena dia 'Bau keringat' kata mbak Nara. 

Shock doong mas Ki Youngnya. Membekaslah sosok mbak Nara dibenaknya. Sampai akhirnya mbak Nara salah masuk mobil dan mengira mobilnya Ki Young sebagai taxi, sementara ia menangis tersedu. Pertemuan demi pertemuan pun berlanjut yang membuat benih-benih rasa timbul pada mas Ki Young. 

Tingkahnya yang baik, plus latar belakang yang okay. Membuat saya merasa kasihan padanya karena tak dijodohkan dengan mbak Nara sebagai first female lead. Tapi, ya mungkin mas Ki Young ini terlalu baik untuk mbak Nara. 

Alhamdulillah endingnya Go Back Couple diperlihatkan saat mbak Nara dan keluarganya papasan dengan mas Ki Young, mas Ki Youngnya juga sedang menggendong anaknya. Happy for all.

2. Jung Hae In - While You Were Sleeping

Foto dengan bayangan mbak Suzy bikin penonton (apa saya aja ya), merasa kasian dengan sosok Mas Hae In. Sebagaimana tokoh second lead lainnya, saya merasa Hae In disiakan. Hiks. Kurang baik apa coba? 

Okelah di drama ini emang Hae In termasuk yang melakukan kecurangan, karena ceritanya dia buta warna tapi lolos jadi polisi. Tapiii, akhirnya dia mengakui kalau aslinya dia buta warna dan mengundurkan diri dari kepolisian. 

Lalu, pada first lead, kurang baik apa mas Hae In pada mbak Suzy. Bahkan saat sadar mas Jong Suk sebagai first male lead punya rasa sama mbak Suzy, doi mundur teratur. Walau tetap menjaga dan melindungi mbak Suzy (ia da emang tugasnya juga polisi). 

3. Go Bo Gyeol - Hi Bye Mama

Go Bo Gyeol dan Kim Tae Hee sukses membuat netizen dan netizah galau. Cerita ibu yang hidup kembali membuat bingung penonton. Pasalnya, sang suami sudah menikah lagi dengan wanita baik-baik. Yang baik pada anaknya juga. Bukan cerita ibu tiri yang hanya Cinta pada ayahnya saja, atau bersikap baik hanya kalau ayahnya ada. Mamanya Seo Woo ini baik sekali, sabar sekali, sayang sekali pada Seo Woo, walau Seo Woo bukan anak kandungnya. 

Kubu penonton pun terpecah menjadi dua. Ada yang ingin Kim Tae Hee kembali pada posisinya sebagai istri dan ibu dari anaknya, yang kini posisi itu sudah ditempati oleh Go Bo Gyeol. Ada juga yang ingin posisi sebagai istri dan anak tetap diisi oleh Go Bo Gyeol. 

Saya? Walau Kim Tae Hee adalah ibu kandung Seo Woo dan sempat menjadi istri suaminya. Tapi, dia sudah meninggal. Mau ceritanya dia dibangkitkan kembali pun takkan mengubah kenyataan kalau anaknya mengenal Bo Gyeol sebagai mamanya. Dan alhamdulillah, endingnya happy for all. Gomawo cagga nim. Kim Tae Hee pulang ke 'surga'. Bo Gyeol, suaminya, dan Seo Woo tetap menjadi keluarga bahagia sampai akhir cerita. Tamat. 

4. Bae Kyung - Extraordinary You

Salah satu ciri karakter second lead itu keras di luar, lembut di dalam. Kayak iklan makanan gini  😅. Yah, begitulah, kalau ga terlalu baik, ya akan dijadikan sebagai bad boy nya. Terlihat kuat, jiwa preman, tapi sebenarnya dia lembut dan baik. Mungkin tak pandai menyampaikan rasa. Atau banyak masalah yang menimpanya tapi tak bisa diceritakan pada yang lain. Semacam Bae Kyung yang sudah dijodohkan oleh orangtuanya dari kecil. Bae Kyung dikenal judes, kata-katanya pedas. Tapi, ibarat pepatah bahasa suda, "Nya dilehok nya dilebok". Apa itu? Walau diomongin, tapi doi tetap ngerjain tugasnya. Atau lain di mulut lain di hati ya? Hmm.. 

Bae Kyung diceritakan dari kecil sering mendampingi Dan Oh di rumah sakit. Sampai SMA pun kalau Dan Oh tiba-tiba jatuh pingsan, Bae Kyung yang akan dicari oleh guru untuk mengantar Dan Oh ke UKS, atau ke rumah sakit. Raut muka judes dan tak suka Bae Kyung ini muncul karena doi punya trauma kehilangan ibunya di RS. 

Selain itu, perlakuan kasar yang dia berikan pada Dan Oh juga ada peran sang cagga-nim. Dan dia tak kuasa menentangnya. Buktinya, ada pada adegan saat janjian nonton bioskop dengan Dan Oh. Bae Kyung yang berantem dengan ayahnya, ayahnya ingin mengambil keuntungan hubungan Kyung dan Dan Oh untuk duid atau perusahaan ayahnya, segera menelpon dan membatalkan janjian nonton bareng di dekat ayahnya. Tapi gaes, setelahnya, Kyung ke TKP, mencari Dan Oh. Berharap Dan Oh menunggunya. Sayang nasibnya sebagai second lead, tempatnya sudah digantikan Haroo sebagai first lead male. 

Untunglah saat memainkan drama lagi, walau Kyung tetap jadi second lead, doi berakhir dengan pasangan lain, ga rebutan. 

5. Kim soo hyun- The Moon Embrace The Sun

Kisah mistis ala klenik ini punya jalan cerita yang agak aneh memang. Tapi, saya tertarik dengan Kim Yoo Jung dan Kim Soo Hyun juga Yoe Jin Go, ya para pemeran versi remajanya. Perebutan posisi sebagai istri Lee Youl mengantarkan pertemuan Kim Yoo Jung dan Kim Soo Hyun. Sayangnya, karena pertemuan-pertemuan tak sengaja dengan Yoo Jung, Lee Youl pun lebih condong pada Yoo Jung. Apalagi, kakaknya Yoo Jung adalah salah satu 'guru' Lee Youl.

Padahal Kim Soo Hyun juga berbakat, cerdas juga, dan geulis. Sayang dapat peran antagonis. Di drama rooftop prince juga Soo Hyun dapat peran remaja antagonis. Alhamdulillahnya, setelah drama Moon Embrace The Sun ini, dia dapat peran jadi yang baik bahkan reunian dengan Yeo Jin Goo di drama I Miss You. Soo Hyun dan Jin Goo memainkan versi remaja Eun Hye dan Yoo Chun. 

Dan kini, Soo Hyun sudah sering jadi first lead female. Buat saya pribadi, jadi terlihat perjalanannya agar bisa sampai di posisi first female lead dalam drama. Kim soo hyun juga jadi first female lead di drama kolosal bersama Yoo Seung Hoo. Dan kini, doi sedang menggarap drama Love Alarm yang direbutkan oleh dua aktor kece, Jung Garam dan Song Kang. 

6. Kim Jeong Hyeon (Lee Yul) - Princess Hours

Cerita nikah karena perjanjian para tetua menghantarkan You Eun Hye menikahi Jo Ji Hun. Padahal Jo Ji Hun sudah punya tambatan hati, Song Ji Hyo. Akhirnya You Eun Hye pun, sebagaimana drama lainnya, dihibur oleh teman dan salah seorang pangeran berkuda putih, Kim Jeong Hyeon (Lee Yul). Lee Yul ini pangeran yang entah kenapa tak diperbolehkan tinggal dalam istana. Saya lupa cerita lengkapnya. Tapi, dia pindah ke Korea dan jadi teman sekelas Eun Hye. Yul pun bersahabat dengan Eun Hye, jadi teman curhat. Jadi teman yang menghibur Eun Hye, bahkan kala suaminya Jo Ji Hun malah menghabiskan waktu berdua dengan second lead female di Bangkok! Keheul! 

Yul juga harus bertanggungjawab atas keserakahan ibunya. Akhirnya, dia pun pergi dari istana bersama ibunya. Tuh, kan, kurang bertanggungjawab apa nih Yul. Sayang di drama ini dia tak dapat pasangan. Dan sedihnya di drama Witch Yoo Hee bersama Han Ga In pun, dia tak dapat pasangan. Kini pun tak terlihat lagi Jeong Hyeon dalam drama, tersapu arus pendatang baru. 

7. Jisoo - Strong Woman Do Bong Soon

Sosok Jisoo yang bak kesatria pelindung (karena emang polisi) bikin netijah luluh. Bong Soon yang punya kekuatan super pun berpura-pura lemah di hadapan Jisoo. Karena ia ingin ditolong Jisoo. Hubungan yang dekat dengan Bong Soon (Park Bo Young) membuatnya tak bisa melihat benih rasa suka pada Bong Soon. Jisoo pun baru sadar setelah jalan beberapa episode kalau dirinya menyukai Bong Soon dan ingin melindunginya, bukan karena ia teman masa kecil. 

Sayang, Jisoo disini jadi second lead, walau awalnya punya pasangan. Akhirnya, ia tak dapat Park Bo Young, karena first female lead milik first male lead. 

Yang tabah Jisoo-ya, walau di scarlet dikau jadi second lead male lagi. Nasib jadi spesialis second lead nih mas Jisoo. 

8. Kang Ha Neul - Scarlet Heart Ryeo

Sebelum kenal Wangsoo, netizen dan netizah jatuh hati pada pangeran Wangwoo alias Kang Ha Neul. Pancaran kebaikannya menyilaukan mata, wkwkwk. Sayang, ambisi atas kekuasaan menguasainya. Walau di dalam hatinya tetap ada neng IU. 

Ah, akang, beut silau sama kekuasaan, padahal kami sudah setuju jadi pendukung dikau dan neng IU. Yah, senasib dengan mas Jisoo, Kang Ha Neul juga bukan first male lead, tak berhak atas neng IU sang first female lead. 

Gapapalah ya kang, kan di Camelia bloom jadi first male lead bareng mbak Gong Hyo Jin. 

9. Soe Dan - Crash Landing On You

Cloyfever melanda bumi pertiwi, bahkan banyak yang jadi drakorian karena menonton captain Ri Jung Hyuk (Hyun Bin) dan Soe Ye Jin. Di cloy ada pesona tak terbantahkan dari Jeng Seo Dan. Cantik parasnya, baik perangainya, Bagus latarbelakang keluarganya, ditambah dia sudah ngecengin captain Ri sejak lama. Tak ada yang salah dengan Seo Dan. Sayang seribu sayang, dia dapat posisi second lead female. Sehingga ia tak dapat captain Ri walau hatinya sedih. Hati netizen juga ikut sedih. Untunglah ada Gu Seung Jun yang menyelamatkan Seo Dan, baik dari hujatan teman-temannya atau dari penjahat bersenjata. 

Tapi tapi, netizen tetap tak rela karena cagga-nim yang tega memisahkan Seo Dan dengan Seung Jun. Akhirnya, kesempatan kedua datang. Seo Dan (Seo Ji Hye) pun dipasangkan dengan Gu Seung Jun (Kim Jung Hyun) dalam episode awal dinner mate. Dan untungnya, dalam drama ini Soe Dan jadi first female lead sehingga cintanya berbalas bersama Song Seung Hoon. 

Waah.. Panjangnya.. Buat cerita hidup seseorang bisa jadi kita hanya pemeran pembantu, pemeran pendukung, atau orang yang lalu lalang. Tapi di dalam kehidupan kita, kitalah pemeran utamanya. Kalau sudah jodoh, tak akan kemana, cyiiin. 

Karena sudah terlalu panjang, yuk kita simak cerita second lead syndrom teman-teman saya. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar