Sabtu, 18 Juli 2020

Melodi dalam Drama



Assalamu'alaikum.. Anyeong chingudeul. Cung siapa yang suka musik. Hampir setiap orang senang dengan musik. Baik itu hanya irama atau akustik, juga didendangkan dengan lagu dan lirik. Karena alam semesta pun berirama dalam perputarannya. Tik tik tik, bunyi hujan. Kodok ngorek. Kokok petok ayam. Semua berirama. 


Drama korea pun tak hanya mengandalkan jalan cerita, akting para casting, tapi juga soundtrack. Suasana sedih bertambah pilu dengan dukungan soundtrack yang mendayu. Suasana riang gembira kian membuncah dengan soundtrack yang hepi. 


Soundtrack akan membuat penonton ingat akan drama, adegan, atau aktor tertentu, selain penyanyinya tentu. Drama yang booming biasanya didukung juga dengan boomingnya soundtrack. Saling mendongkrak satu sama lain. Soundtrack bisa membuat para kpopers penasaran dengan dramanya. Drakorian akan penasaran dengan soundtrack dan penyanyinya. Tak jarang mencari lirik juga artinya. Agar lebih menghayati. 


Apalagi musik akan selalu terngiang kala sudah tersimpan dalam benak. Bisa menimbulkan riak riaktidak rindu untuk menonton ulang drama yang telah lalu saat mendengar lantunan lagunya. Hebatnya mereka menyeriusi garapan drakor dengan soundtracknya. Mencoba menoreh kepingan kesan tersendiri tuk drama juga soundtracknya. 


Kalau saya bagaimana? Sebagai penikmat musik. Saya sudah mengumpulkan semua jenis soundtrack dan bgm drama sejak bangku SMA. Saat masih zamannya Princess Hours, Chun Hyang, dkk. Sampai sekarang saya masih ingat lagunya. Karena dulu, saya mendengarkan semua lagu itu sambil beraktivitas. Sasapu, ngepel, nyuci, jemur, nyetrika, ngosrek kamar mandi. Melody of my life deh. Setiap aktivitas ada lagunya. Biar ga kerasa capeknya dan enjoy melakukannya. 


Kalau ditanya soundtrack favorit atau yang tak terlupakan. Banyak, banyak banget. Kalau lagi seneng lagu mellow, dengerin versi balladnya. Kalau mau didengerin sambil menugas, dengerin yang ngebeat. Saya pantau chart kpop di soompi dan menyempatkan mendengar 10 chart teratas atau top 5. Sampai-sampai kalau lagi ada acara baik di kampus atau saat ngajar atau kegiatan ekskul, saya pasti pakai lagu akustik soundtrack drakor. 


Saya masih ingat soundtrack My love patzy, Sweet dreams nya mbak Jang Nara. Saya masih ingat soundtrack Princess Hour by Owl. Saya masih ingat soundtrack Full house, apalagi 3 little bearnya. Saya masih ingat soundtrack Reply 1944 yang dinyanyikan Eun Ji A Pink dan Soe In Guk, para pemeran utama drama. Padahal, saya belum menonton dramanya. Saya masih ingat soundtrack Scarlet Heart, "Say Yes" yang kini dinyanyikan kembali secara duet oleh Punch dan salah satu personil girlband. 




Intinya, saya masih ingat banyak soundtrack drama. Drama yang tayang lebih dari 5 tahun yang lalu. Karena setelah melahirkan, saya menonton drama tanpa suara atau hanya membaca sinopsisnya. Baru-baru ini saja saya bisa menikmati soundtrack Hospital Playlist karena drama ini pun ada sesi nge band nya. Dramanya sukses membuat saya penasaran dan akhirnya ikut mendengarkan mereka menyanyi. Hasilnya? Tak mengecewakan. Bahkan, saya jadi salah satu deretan fans band para dokter ini. 


Musik dan saya jadi pasangan yang tak terpisahkan. Sampai minggu kemarin saya terkejut. Entah bagaimana, entah kenapa, padahal tak ada yang menyalakan musik. Tiba-tiba di benak saya terngiang lagu-lagu lama. Mulai dari lagu kahitna, chrisye, lagu barat, juga soundtrack drama yang notabenenya belum pernah saya dengarkan lagi baru-baru ini. Saya bergumam nada lagunya, saya senandungkan iramanya. Padahal, besoknya saya ujian talaqqi hafalan. Hiks hiks. 


Tiba-tiba saya jadi takut, kalau kematian datang menghampiri akankah saya ingat pada kalimat yang seharusnya menjadi penutup hidup ini. Atau malah melantunkan lagu-lagu. Hiks hiks. 


Yak maafkan jadi curcol. Tapi, saya ingin melodi kehidupan saya tak hanya jadi penghibur di dunia tapi juga jadi penyelamat di akhirat sana. 


Mau tau bagaimana cerita teman-teman saya tentang soundtrack drama? Yuk, disimak. 



4 komentar:

  1. Harus konsisten no music sih yaa..kalau mau hapal banyak ayat Allah.
    Semoga istiqomah yaa, kak..
    **aku masih dengerin musik...huhuu~

    BalasHapus
  2. Mba Lala jleb bangets sih, huwaduhhhhh🙈

    BalasHapus