Jumat, 19 Juni 2020

Efek Jadi Drakorian



Nonton drakor apa faedahnya? Wasting time, iih. 

Weits, ada dong faedah nonton drakor. Dan ga semua jenis drakor ditonton. Tetap selektif, seperti tulisan saya yang lalu. 

Baca juga Nay to Watch

Emang ada faedahnya? Buat saya ada. Buat teman-teman drakorian juga ada. Nanti kita bahas di tulisan tema selanjutnya ya. 

Apa aja faedahnya? Faedah nonton drakor versi saya:
(Pinterest) 


1. Belajar Bahasa Korea

Annyoeng haseyo chingudeul. Sebagai pribadi yang senang bahasa. Saya suka belajar bahasa korea tapi sayangnya pusiang pala saya kalau liat hangul tuh. Beda kalau bahasa inggris kan hurufnya sama kaya bahasa Indonesia. Nah, oleh karena itu, saya mengandalkan pendengaran tuk belajar bahasa korea.  Yah, ga jago-jago amat sih. Tapi, familiarlah sama annyeong, jalga, oppa, omma, aboniem, sarang, adeul, aniya, daaan masih banyak lagi. Tar kita jabarkan satu-satu di tulisan tema selanjutnya ya. 

2. Belajar Budaya Korea

Dari nonton drakor, saya belajar budaya korea. Budaya korea yang jaman kerajaan dengan baju hanboknya yang cantik. Jadi tau warna-warni baju tradisionalnya. 

Jadi tau kebiasaan masyarakat negeri ginseng sana yang dekat dengan minuman keras. Orientasi mahasiswa, minum. Penyambutan pekerja baru, minum. Perpisahan, minum. Hayo we ngaleeut miras. Auto nyanyi Bang Roma, "Minuman Keras! Miras! Apapun namanyaaa... "

Jangan ditiru ini mah. Ga boleh ditiru! Jauhi! 

Yang ditiru apanya dong? Betapa mereka itu produktif, aktif. Punya plan jauh ke depan. Bersungguh-sungguh untuk menjalankan targetnya. Contohnya dari drakor Misaeng, saya belajar tuk terus berusaha keras. Belajar dan terus belajar, beradaptasi terus. Walau diremehkan, walau dibully. Walau endingnya ga sesuai yang diharapkan, ga jadi pegawai tetap. Tapi, doi tetap optimis dan emang harus optimis karena live should go on. Ga berlama-lama baper gtu. 

Produktivitas orang korea juga terlihat dari betapa banyaknya mereka mengeluarkan drakor. Asa baru selesai ngeliat si ini di drama ini. Eh, udah main drama baru lagi. 

3. Fakta Kapitalisme di Negara Maju

Korea, sebagai salah satu negara yang lebih maju dari Endonesia Raya. Ia juga negara yang menerapkan kapitalisme sebagai sistem kehidupannya. Semuanya tampak jelas berorientasi materi. Materi dalam artian bukan hanya uang. Tapi, memang berpusat pada uang. 

Standar sukses itu dekat duit. Berapa banyak drakor yang female lead atau male leadnya horang kayah. CEO muda kaya Raya, berwajah tampan dan cantik. Atau sekolah di sekolah ternama. Pakaian Bagus, kendaraan Bagus, rumah mewwaah. 

Dari drama yang bertema politik, saya jadi tahu dan membandingkan fenomena di negeri sendiri. Betapa erat hubungan pengusaha dan penguasa itu. Betapa penguasa bisa dikendalikan oleh kucuran dana dari para pengusaha. Sama geuning dengan Indonesia. Sama sama mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan para kapital. 

Sebagaimana di drakor Prime Minister and I, saat Prime minister awalnya ingin mengubah kondisi negaranya menjadi lebih baik, memberantas kejahatan, menegakkan keadilan. Tapi, ternyata akhirnya ia sadar, ada kekuatan yang lebih besar yang bahkan seorang Prime minister pun tak bisa menandingi. 

4. Belajar yang lain-lain 

Setelah nonton Oh My Baby jadi bersyukur Allah berikan anak-anak. Setelah nonton Hi Bye Mama jadi bersyukur bisa membersamai anak-anak. Menikmati dan menghargai setiap waktu yang dilalui bersama keluarga. 

Setelah nonton Go Back Couple jadi lebih menghargai pasangan. Belajar mengkomunikasikan segala sesuatunya. Dan drama ini booming juga di teman-teman aktivis rohis. Sampai ada yang nonton sambil masak. Hp nya dibawa ke dapur. Ada juga yang ijin nonton Go Back Couple sama suaminya tuk belajar kehidupan rumah tangga. Suaminya jawab, "Belajar kehidupan rumah tangga tu baca kitab siroh bukan nonton drakor. "
Jleb! Suaminya ustadz, cuuuy.. 😆

Bagai dua sisi mata uang, jadi drakorian atau suka nonton drakor punya efek positif dan negatif. Ambil yang positifnya, buang jauh-jauh negatifnya. 

Yuk, baca juga efek nonton drakor buat teman gengs saya. 

 Ima
Mbak Rijo




2 komentar:

  1. HUhuu...langsung tutup mata kalau suami yang kasih tau yaa...
    Semoga manfaat nonton drama korea bisa diambil hikmah dari story line yang disajikan.

    BalasHapus